4 Oleh-Oleh Makanan Khas Sorong Papua Barat yang Wajib Anda Beli
Sagu Lempeng khas Papua (wikipedia)

Bagikan:

PAPUA BARAT – Kabupaten Sorong adalah salah satu kota di Provinsi Papua Barat yang kini menjadi salah satu gerbang wisata di bagian timur Indonesia. Jika kebetulan berkunjung ke sana, apa saja oleh-oleh makanan khas Sorong Papua Barat yang menarik untuk dibeli?

Berikut ini kami sajikan beberapa makanan tradisional yang dapat Anda beli dan dijadikan oleh-oleh ketika wisata di Sorong Papua Barat.

Rekomendasi Oleh-Oleh Makanan Khas Sorong Papua Barat

1.     Keripik Keladi

Masih satu keluarga dengan talas, keladi adalah tanaman umbi-umbian khas Papua yang merupakan makanan pokok di Papua.

Menariknya keladi di Sorong dijadikan sebagai keripik juga. Beberapa merek keripik keladi yang terkenal di sana adalah ‘Sayo’ dan ‘Giok’.

Terdapat beberapa macam rasa keripik keladi khas Sorong tersebut, di antaranya pedas, jagung, dan juga original. Tertarik membelinya? Anda dapat membeli di beberapa tempat seperti bandara, pelabuhan, supermarket, dan pasar di kota Sorong.

2.     Sagu Lempeng

Sudah menjadi rahasia umum jika sagu adalah makanan pokok masyarakat Papua. Sagu lempeng adalah salah satu olahan sagu yang menjadi primadona masyarakat Sorong.

Sagu Lempeng adalah makanan camilan yang biasa disantap menemani minum kopi atau teh.

Yang menarik adalah cara memakan sagu lempeng yaitu biasanya dicelupkan ke dalam minuman teh atau kopi panas.

3.     Sarang Semut

Oleh-oleh satu ini memang tidak dapat dimakan secara langsung lantaran biasa digunakan sebagai alternatif pengobatan. Tanaman sarang semut memang banyak dijumpai di Papua dan memiliki berbagai manfaat.

Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan sarang semut di antaranya liver, diabetes, jantung, hingga kanker. Anda dapat membeli sarang semut di beberapa toko oleh-oleh mulai  Rp30 ribuan.

4.     Kue Lontar

Memiliki bentuk mirip dengan pie susu khas Bali, kue lontar adalah makanan khas Sorong yang biasanya disajikan ketika momen natal, tahun baru, ulang tahun, atau acara-acara adat lainnya.

Menariknya, kue lontar khas Papua terinspirasi dari makanan khas Belanda yang bernama “londtart” atau kue bundar.

Memiliki rasa manis dan bertekstur renyah pada luarnya, kue lontar cocok dijadikan oleh-oleh ketika Anda berkunjung ke Sorong.

Selain oleh-oleh makanan khas Sorong Papua Barat, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!