Bupati Terpilih Sabu Raijua Orient P Riwu Kore Berurusan dengan Kemendagri
Bupati Sabu Raijua, NTT terpilih Orient Patriot Riwu Kore (ANTARA)

Bagikan:

PAPUA BARATOrient P Riwu Kore yang merupakan Bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami penundaan pelantikan.

Rencananya pelantikan bupati seluruh NNT dijadwalkan pada Jumat 26 Februari 2021 besok. Namun terjadi penundaan pelantikan Riwu Kore lantaran dugaan kasus dugaan kewarganegaraan ganda yang dimilikinya.

BACA JUGA:


Riwu Kore Berpasangan dengan Thobias Uly

Riwu Kore yang berpasangan dengan Wakil Bupati terpilih Thobias Uly, seharusnya dilantik bersama 5 pasangan bupati terpilih NTT lainnya.

Beberapa nama pasangan bupati dan wakil bupati lainnya di antaranya Juandi David dan Eusabius Binsasi (Kabupaten Timor Tengah Utara), Khristofel Praing dan David Melo Wadu (Kabupaten Sumba Timur).

Herybertus Nabit dan Heribertus Ngabut (Kabupaten Manggarai), Andreas Paru dan Raymundus Bena (Kabupaten Ngada), dan terakhir pasangan Edistasius Endi dan Yulianus Weng (Kabupaten Manggarai Barat).

Melansir Antara, Kamis, 25 Februari, penundaan pelantikan Riwu Kore dan Ely telah sesuai dengan surat Pemprov NTT terkait pemberitahuan pengambilan sumpah/janji dan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih yang diperoleh di Kupang.

Surat yang telah ditandatangani Sekda NTT, Benediktus Polo Maing tersebut ditujukan kepada lima dari enam pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih hasil Pilkada Serentak 2020.

Lebih lanjut, Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda NTT, Doris Rihi menjelaskan jika pelantikan bupati dan wakil bupati pada tahap pertama yang akan digelar pada Jumat, 26 Februari khusus untuk lima kabupaten.

Dengan demikian khusus untuk Orient dan Uly waktu pelantikan mengalami penundaan dikarenakan masih diproses di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Perlu untuk diketahui, penundaan pelantikan pasangan bupati dan wakil bupati yang diusung oleh PDI Perjuangan dan Partai Demokrat tersebut lantaran adanya dugaan Warga Negara (WN) Amerika Serikat yang dimiliki Orient.

Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sabu Raijua, sebelumnya telah menyatakan jika menerima konfirmasi dari Kedutaan Besar Amerika Serikat (di Jakarta) bahwa Riwu Kore merupakan warga negara Amerika Serikat.

Selain dugaan kewarganegaraan ganda Orient P Riwu Kore, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Terkait