Misteri Penyakit Ustaz Maaher, Polisi Siap Pidana Penyebar Hoaks
Ustaz Maaher At Thuwailibi alias Soni Ernata (Foto- @ustadzmaheer_)

Bagikan:

PAPUA BARAT – Penyebab kematian Ustaz Maaher At Thuwailibi alias Soni Ernata masih menjadi pertanyaan publik. Meskipun demikian, Polri menegaskan jika penyebab meninggalnya karena  menderita penyakit.

Terbaru pihak kepolisian tidak dapat membeberkan penyakit jenis apa yang diderita Ustaz Maaher, lantaran apabila dijelaskan maka dapat merusak reputasi Ustaz Maaher.

Imbauan Polri Terhadap Simpang Siur Meninggalnya Ustaz Maaher

Selain itu, Polri juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah mempercayai kabar yang beredar. Sebab, kabar-kabar tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Mengenai meninggalnya yang bersangkutan sudah di jelaskan pihak kepolsian bahwa yang bersangkutan meninggal karena sakit," jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono, Selasa, 9 Februari.

Rusdi mengingatkan agar masyarakat tidak mudah percaya berita-berita yang tidak bertanggungjawab. Apabila masyarakat ragu, menurutnya sebaiknya bertanya kepada pihak yang berkompeten.

Masyarakat juga diimbau agar tidak ikut menyebarkan berita yang tidak berdasar. Sebab, nantinya hal tersebut dapat menjadi penyebaran informasi bohong atau hoaks yang berujung pidana.

"Dan jangan menyebarkan berita bohong, karena merupakan tindak pidana," paparnya.

Perlu diketahui, beredar informasi yang menuding penyebab kematian Maaher lantaran disiksa di rumah tahanan Polri hingga menderita sakit kulit parah.

Kabar tersebut menambahkan jika Ustaz Maaher dilarikan ke Rumah Sakit Polri, namun kemudian dipulangkan kembali ke rumah tahanan meskipun kondisinya belum sembuh.

Informasi tersebut diunggah oleh Ade Armando melalui akun twitternya, @Adearmando1, pada Senin, 8 Februari.

Ade sekaligus mentautkannya dengan akun yang pertama menyebarkannya informasi hoaks tersebut yaitu Pribumi Bangkit. Dosen Komunikasi Universitas Indonesia (UI) tersebut menyebut jika informasi yang beredar adalah fitnah.

"Saya justru dapat kabar bahwa dia meninggal akibat penyakit yang belum bisa saya sebut namanya karena bila ternyata benar akan menjatuhkan nama Maher. Perlu buka-bukaan?" papar Ade Armando.

Selain misteri penyakit Ustaz Maaher, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!