Bitcoin Hadapi Tekanan Bearish, Begini Menurut Peter Brandt
Bitcoin, aset kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar. (Foto; Dok. Mudrex)

Bagikan:

JAKARTA - Di penghujung April, Bitcoin (BTC) menghadapi tekanan bearish setelah serangkaian koreksi selama empat minggu. Mata uang digital ini berada di ambang penutupan bulan dengan sentimen yang sama suramnya, pertama kalinya sejak Agustus 2023. Dengan kurang dari 48 jam menjelang Mei 2024, harga Bitcoin diperkirakan akan terus berfluktuasi.

Pedagang kripto tampaknya memilih untuk menunggu di pinggir pasar, mengantisipasi pengumuman penting dari Amerika Serikat. Pada hari Rabu, Federal Reserve AS dijadwalkan untuk merilis data tentang tingkat suku bunga dan pernyataan FOMC. Industri kripto bersiap untuk menghadapi volatilitas yang meningkat seiring pasar menyerap data inflasi AS yang akan datang.

Pertanyaan yang mengemuka di benak banyak orang adalah apakah Bitcoin telah mencapai puncak siklusnya. Trader veteran, Peter Brandt, berpendapat bahwa Bitcoin telah mengalami kenaikan melalui dekay eksponensial, yang menunjukkan bahwa aset kripto ini mungkin telah mencapai puncaknya sedikit di atas $70 ribu (sekitar Rp1,137,500,000). Namun, Brandt juga menyatakan bahwa model dekay eksponensial hanya memiliki kemungkinan keberhasilan sebesar 25 persen.

Faktor lain yang mempengaruhi harga Bitcoin adalah adopsi yang terus berlanjut terhadap aset digital dan protokol web3. Dengan peluncuran ETF Bitcoin spot di Hong Kong pada 30 April, diharapkan akan ada peningkatan tekanan beli dari manajer dana berbasis AS.

Brandt percaya bahwa harga Bitcoin memiliki potensi untuk melonjak melebihi $100 ribu (sekitar Rp1,625,000,000) dalam beberapa bulan mendatang. Pendapat ini didukung oleh Giovanni Santostasi, seorang trader dan investor Bitcoin terkenal, yang memprediksi bahwa harga Bitcoin akan mencapai $210 ribu (sekitar Rp3,412,500,000) pada akhir 2025 sebelum turun menjadi $83 ribu (sekitar Rp1,348,750,000). Prediksi Santostasi didasarkan pada analisis siklus bull yang terjadi setelah setiap pemotongan reward Bitcoin.