Waspada! Prakiraan Cuaca BMKG Hujan Lebat di Sejumlah Provinsi, Jakarta Begini
Cuaca di sejumlah daerah dan kota Jakarta diprakirakan akan hujan oleh BMKG. (Foto Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk waspada akan potensi cuaca ekstrim. Diprakirakan akan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang dapat terjadi di sejumlah provinsi di Indonesia pada Selasa.

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir hingga angin kencang, seperti di Aceh, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo.

Kemudian Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara. Lalu di Nusa Tenggara Barat, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Sementara di Jawa Barat, potensi hujan lebat disertai kilat dapat terjadi di wilayah Kabupaten Bogor dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Subang, Bandung Raya, Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Majalengka, Banjar, dan Pangandaran pada siang menuju sore hari.

Cuaca Ekstrim

Sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto memperingatkan akan potensi cuaca ekstrem di sejumlah provinsi yang diperkirakan akan terjadi pada 15 hingga 20 Agustus 2021.

Ia menjelaskan bahwa potensi pertumbuhan awan hujan merupakan dampak dari peningkatan aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) dan gelombang Rossby Ekuatorial. "MJO dan Gelombang Rossby Ekuatorial adalah fenomena dinamika atmosfer yang mengindikasikan adanya potensi pertumbuhan awan hujan dalam skala yang luas di sekitar wilayah yang dilewatinya," katanya.

Mendung, hujan disertai petir akan terkjadi disejumlah wilayah di Indonesia. (Foto Antara)
Mendung, hujan disertai petir akan terkjadi disejumlah wilayah di Indonesia. (Foto Antara)

Fenomena MJO itu bergerak dari arah Samudera Hindia ke arah Samudera Pasifik melewati wilayah Indonesia dengan siklus 30 hari hingga 40 hari. Sedangkan fenomena Gelombang Rossby bergerak dari arah Samudera Pasifik ke arah Samudera Hindia dengan melewati wilayah Indonesia.

"Sama halnya seperti MJO, ketika Gelombang Rossby aktif di wilayah Indonesia maka dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah indonesia," katanya.

Di samping itu, BMKG juga memberi peringatan akan potensi bencana hidrometeorologi untuk lima hari ke depan berupa banjir atau banjir bandang akibat hujan lebat di Riau, Sumatera Barat dan Jambi.

Jakarta Hujan

Khusus di wilayah DKI Jakarta pada Selasa, potensi hujan disertai kilat dapat terjadi di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore dan malam hari.  

Dalam pengumuman yang dikeluarkan melalui laman resminya, Selasa, BMKG memaparkan kondisi cuaca kurang bersahabat meliputi dua wilayah Kota Administrasi yaitu Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Pada wilayah tersebut, suhu akan berkisar 24 hingga 32 derajat celcius, dengan tingkat kelembapan terendah 70 persen dan tertinggi mencapai 90 persen.

Sementara di Jakarta Barat, Jakart Utara, Jakarta Pusat, dan Kabupaten Kepulauan Seribu cuaca diprediksi akan cerah berawan pada siang dan malam hari, dengan suhu antara 24 dan 32 derajat celcius, serta kelembapan 80-90 persen.

baca juga

Untuk wilayah sekitar Jakarta seperti Kota Tangerang, BMKG memprediksi akan cerah berawan di pagi dan berawan pada siang hingga malam, dengan kisaran suhu 24-33 derajat celcius.

Namun untuk Provinsi Jawa Barat seperti Kota Depok dan Kota Bogor diperkirakan akan terjadi hujan yang disertai petir dan angin kencang pada siang hingga sore hari.

Untuk daerah Bekasi diprediksi cerah berawan pada pagi hingga siang hari, dan hujan ringan di malam hari, dengan suhu berkisar 21-33 derajat celcius. 

Inilah prakiraan cuaca dari BMKG semoga bisa menjadi panduan dan bermanfaat untuk Anda.