Harapan Besar Warga Wondama ke Wapres Ma'ruf Agar Datang Canangkan Situs Religi Bukit Aitumeiri
Bangunan bekas rumah tinggal Pendeta IS Kijne di Bukit Aitumeiri Miei, Wasior, Kabupaten Teluk Wondama di mana Wapres K.H. Ma'ruf Amin/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin dijadwalkan berkunjung ke Wasior, Ibu Kota Kabupaten Teluk Wondama pada 6 Februari 2023 untuk mencanangkan penetapan situs religi Bukit Aitumeiri sebagai situs peradaban orang Papua.

Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor mengatakan, rencana kunjungan Wapres Ma’ruf Amin ke Wasior itu dalam rangkaian kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun Pekabaran Injil di Pulau Mansinam, Manokwari pada 5 Februari 2023.

Selain meresmikan situs religi, kehadiran Ma'ruf di Teluk Wondama juga dalam rangka menandai dimulai pembangunan Bandar Udara Isaack Samuel Kijne di Mawoi.

"Kami sangat berharap Bapak Wapres benar-benar bisa datang ke Wondama. Dari sisi iman, saya melihat ini adalah berkat untuk tanah peradaban. Kita berdoa saja semoga jadi," kata Mambor saat memimpin rapat persiapan kunjungan Wapres Ma’ruf Amin ke Wondama di Gedung Sasana Karya, Kantor Bupati Teluk Wondama, Antara, Selasa, 24 Januari.

Berdasarkan agenda acara sementara yang disusun panitia penyambutan, Wapres Ma’ruf Amin bersama rombongan dijadwalkan tiba di Wasior pada 6 Februari 2023, pukul 09.30 WIT dengan menumpang pesawat.

Selain mengunjungi Situs Aitumeiri dan menandai dimulai pembangunan Bandara IS Kijne, agenda lain Wapres Ma’ruf Amin di Wondama meresmikan pengoperasian Pelabuhan ASDP di Kaibi, Distrik Wondiboi.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Teluk Wondama Bernardus Setiawan mengatakan Pelabuhan ASDP yang dibangun Kementerian Perhubungan dipersiapkan sebagai pelabuhan penyeberangan untuk melayani rute Teluk Wondama-Manokwari, dan beberapa kabupaten terdekat lainnya.

"Rencananya KM Napan Wainami akan masuk di situ secara permanen," kata dia.